Open top menu
Sunday, September 4, 2016




Komponen SMD dan Pemasangan Yg Tdk Boleh Sembarangan
Beberapa hari yg lalu syarikh technology mendapat "garapan" laptop Hase yg sering blue screen dan temperatur yg tdk wajar, wifi tdk berfungsi.
Analisa pertama: Kegagalan fungsi pendinginan.
Langkah yg ditempuh adalah bongkar total, clean all, fan processor treatment, heat sink processor treatment. Hasilnya laptop masih rewel. Masih blue screen, tdk bisa instal, temperatur masih tdk wajar.

Analisa ke dua: Pemasangan komponen SMD yg kurang tepat.
Komponen SMD tersebut adalah kapasitor tokin yg menempel dibawah processor. Terlihat tokinx bekas penggantian dan tdk menempel sempurna, dan terdapat jumper.
Langkah yg ditempuh bongkar ulang, lepas kapasitor, cek kapasitor, pasang ulang kapasitor, test throtling. Hasilnya: temperatur stabil di angka 73 derajat celcius, tdk lagi blue screen, wifi ok.
Pelajaran: (1) pemasangan komponen smd harus menempel sempurna (2) hindari penggunaan jumper.
Karena secara teori pencatu daya laptop dan komputer bekerja pada frekuensi tinggi, dimana kapasitansi dan induktansi liar bisa menyebabkan performa regulasi tegangan menurun. Dalam sistem digital (komputer), tegangan pencatu daya yg stabil dan riple yg rendah adalah parameter mutlak yg wajib dipenuhi. Karena fungsi logika 1 dan 0 direpresentasikan dalam bentuk nominal tegangan tertentu.
Alhamdulillah: Solved.
Tagged
Different Themes
Written by Syarikh Komputer

Syarikh Komputer berdiri sejak tahun 2007 di kota Malang, melayani berbagai kebutuhan barang-barang IT yang di butuhkan warga kota malang secara khusus dan warga Indonesia secara umum. Juga melayani jasa service laptop dan juga komputer. Melayani masyarakat umum, mahasiswa, kampus, sekolah, UKM, perusahaan dan lain-lain.

iklan


IKLAN

WA

KLIK DISINI UNTUK CHAT WA: