Open top menu
Friday, September 2, 2016

Problem:
LCD Monitor mati total; (1) layar blank (2) indicator power off.

Alternatif Solusi:
Jika kita mendapati kondisi perangkat yang demikian, sudah dipastikan terdapat masalah pada rangkaian catu daya perangkat. Cara berikut mungkin bisa dijadikan alternative solusi bagi yang pingin “nguthek” perangkat.

1. Pastikan kabel power sumber ac 220V kondisi normal.
2. Jika normal tetapi tetap tdk menyala, lepas kabel power ac.
3. Bongkar casing.
4. Cek tegangan keluaran rangkaian power supply dc (AC-DC converter).
5. Pada LCD monitor ACER X16W tegangan keluaran AC-DC converter adalah 5 V dan 14 V. Tegangan 5V untuk rangkaian control, graphics image processing. Adapun tegangan 14 v sebagai masukan catu daya converter DC-AC (inverter). Sebagai referensi, rangkaian converter AC-DC yang diadopsi ACER seperti bisa dilihat pada Gambar 1.


6. Karena batasan ruang dan waktu, pada kasus ini tegangan keluaran AC-DC converter turun dari standartnya. Keluaran yg seharusnya 14 V turun 10 V, 5V turun 3,7 V.
7. Cek kondisi fisik kapasitor electrolit yang berfungsi seebagai filter. Ternyata kondisi OK.
8. Kalau kondisi spt ini kemungkinan apa ya? (a) Kemungkinan short pada rangkaian keluaran tidak mungkin. Karena rangkain short hanya menghasilkan tegangan 0V. (b) rangkaian utama switch smps tidak mungkin karena rangkaian converter masih proses (c) Rangkaian feed back bermasalah.
9. Pada kasus yg kami tulis ternyata memang rangkaian feed back bermasalah. Rangkaian feed back berfungsi untuk memberitahukan seberapa besar lebar pulsa yang harus digenerasi chip smps. Bentuk feedback berupa tegangan. Utk lebih mempermudah rangkain a kita kecilkan scopenya spt rangkaian b.

10. Dengan mengacu gambar b, lingkaran yang ditunjuk lingkaran 1 adalah opto-coupler , lingkaran yang ditunjuk pada 2 adalah zener terpogram, lingkaran 3 adalah sensor tegangan berupa resistor R92, R93 dan R942.
11. Ok dari ketiga titik pada gambar b kira2 mana yang potensi bermasalah? Jawabnya adalah 3. Karena rangkaian converter masih bekerja meskipun tdk normal.
12. Bagaimana memastikan bahwa blok rangkaian 3 yang bermasalah? Jika anda suka menganalisis rangkaian listrik secara manual anda akan mengetahui bahwa ke tiga resistor (R942, R943 dan R92) membentuk formasi superposisi. Ada 2 sumber tegangan yang saling mempengaruhi seberapa keluran tegangan umpan balik. 2 sumber tegangan yg ingin di monitor oleh designer ACER adalah 14 V dan 5 V. Jika ke dua tegangan tersebut beroperasi normal seharusnya rangkaian mengeluarkan feed back sebesar 1.8 V. Langkah paling mudah adalah mensimulasi rangkaian lewat proteus seperti Gambar C.

13. Setelah kita ukur ternyata tegangan memang menyimpang dari standar yakni sebesar 2.68 V.
14. Setelah itu, kira2 R berapakah yang menyimpang? Dengan bantuan proteus kita bisa mensimulasi/mencoba2 R mana yang kira2 bermasalah. Ternyata yang paling berpeluang adalah R1 pada gambar C atau R942 pada Gambar B.
15. Kita lepas R942 pada rangkaian, kita ukur secara manual dg ohm meter, ternyata memang menyimpang atau telah menurun resistansinya.
16. Kita ganti dengan nilai yang mendekati, kemudian kita coba dan hasilnya Alhamdulillah, tersolusi…..LCD kembali normal.


Tagged
Different Themes
Written by Syarikh Komputer

Syarikh Komputer berdiri sejak tahun 2007 di kota Malang, melayani berbagai kebutuhan barang-barang IT yang di butuhkan warga kota malang secara khusus dan warga Indonesia secara umum. Juga melayani jasa service laptop dan juga komputer. Melayani masyarakat umum, mahasiswa, kampus, sekolah, UKM, perusahaan dan lain-lain.

3 comments

iklan


IKLAN

WA

KLIK DISINI UNTUK CHAT WA: