Open top menu
Wednesday, November 22, 2017

Apakah yang Dimaksud dengan Prosesor dan Mengapa Perannya Penting?


Tahun 1969, Nippon Calculating Machine Corporation* meminta Intel untuk mendesain chip kustom untuk kalkulator baru. Teknisi Intel merespons dengan mendesain rangkaian empat chip, termasuk prosesor Intel® 4004, yakni Prosesor pertama di pasaran yang dapat diprogram dengan tujuan umum.1 Sejak ini, Intel berada dalam bisnis desain dan produksi mikroprosesor.


Apa yang Dimaksud dengan Prosesor?
Prosesor adalah sirkuit terintegrasi yang sebagian besar terbuat dari silikon, elemen kimia yang juga berjumlah sangat banyak di Bumi selain oksigen. Selain sangat umum, silikon juga zat yang sesuai untuk prosesor karena merupakan semikonduktor, yang berarti dapat disesuaikan untuk memberikan ketahanan tinggi atau rendah terhadap arus listrik.
Prosesor secara lebih formal disebut dengan CPU (central processing unit) atau mikroprosesor, untuk membedakannya dari jenis prosesor lainnya seperti prosesor grafis. Namun, bila Anda mendengar istilah umum "prosesor", pelanggan biasanya merujuk pada CPU, yang pada dasarnya merupakan "otak" komputer.
Di Mana Letak Prosesor?
Jika Anda membuka komputer, di dalamnya Anda akan menemukan beberapa bagian silikon kecil berbentuk persegi dengan sirkuit tertanam. Salah satu chip tersebut adalah prosesor komputer, yang terdapat di papan sirkuit utama yang disebut motherboard.

Misalnya, prosesor Intel® 4004 yang diluncurkan tahun 1971 berisi 2.300 transistor pada satu die (paket CPU) dan dilengkapi kecepatan clock 740 kilohertz (kHz). Bandingkan hal itu dengan prosesor Intel® Core™ saat ini, yang berisi miliaran transistor dan memiliki kecepatan clock yang dapat melebihi 4,0 GHz. Itu sama dengan 4 juta kHz!3

Untuk mengisi lebih banyak transistor di setiap prosesor, ukuran transistor diperkecil. Ukuran lebar transistor prosesor Intel® 4004 adalah 10.000 nanometer (nm). Saat ini, transistor prosesor Intel® berukuran sekecil 14 nm. Sebagai perbandingan, tebal rambut manusia rata-rata 100.000 nm!

Tagged
Different Themes
Written by Syarikh Komputer

Syarikh Komputer berdiri sejak tahun 2007 di kota Malang, melayani berbagai kebutuhan barang-barang IT yang di butuhkan warga kota malang secara khusus dan warga Indonesia secara umum. Juga melayani jasa service laptop dan juga komputer. Melayani masyarakat umum, mahasiswa, kampus, sekolah, UKM, perusahaan dan lain-lain.

iklan


IKLAN

WA

KLIK DISINI UNTUK CHAT WA: