Open top menu
Wednesday, November 25, 2015


Motherboard CPU dengan chipset H81 mengusung soket 1150. intel sebagai pemasok chipset sekaligus prosesor soket tersebut, mengembangkan generasi terbaru dari khusus untuk chipset H81, yang lebih dikenal dengan sebutan Haswell refresh. Menurut sumber kami yang berada  di divisi penjualan intel cabang Malang, mengatakan bahwa haswell refresh  di tujukan untuk system yang lebih dingin, tetap dengan mengusung pabrikan 22nm. Haswell biasa disebut prosesor generasi ke 5, dan saat tulisan ini ditulis sudah keluar generasi ke 6 dengan pabrikasi 14nm yang biasa di kenal dengan Broadwell atau bahasa yang lain skylake.

Haswell refresh masih mengunakan soket 1150, yang menjadi persoalan BIOS awal dari H81 belum bisa mendeteksi haswell refresh, untuk itu  perlu dilakukan update BIOS. pada percobaan kali ini yang digunakan adalah merk motherboard jetway. Yang perlu dipersiapkan selain motherboard sendiri adalah prosesor yang awal keluar atau belum haswell refresh. misal dualcore G3220. Setelah siap, install harddisk dengan windows 7 32bit. File BIOS yang bisa di dapat diwebnya. (http://www.jetway.com.tw/jw/download_address.asp?downid=11747&proname=TI81MG&downtype=BIOS) yang kedua adalah program BIOS update, gunakan sesuai dengan yang tertera di motehrboard. Jika AMI gunakan AMI. dalam experiment kali ini saya menggunakan tool yang saya download dari web lain, bukan tool yang ada di web jetway. Karena beberapa kali gagal flash BIOS. saya gnakan yang sudah versi GUI/Windows. Namanya AFUWIN, versi yang saya coba afuwin-5.05.04. bisa di googling or download di

Sediakan pula jumper. Jumper di pasang pada JP 5 (enable/disable Me Features), letaknya disamping atau di dekat chipset. (jumper ini wajib dipasang saat MemFlash BIOS, karena walaupun berhasil flash BIOS tetapi Me belum di flash, Gagal mengenali prosesor). Yang sangat penting juga, PSU harus terhubung ke UPS, jika listrik mati mendadak tidak akan mengganggu proses flashing.

1. Jalankan program AFUWINGUI, tampilan seperti dibawah ini:
Different Themes
Written by Syarikh Komputer

Syarikh Komputer berdiri sejak tahun 2007 di kota Malang, melayani berbagai kebutuhan barang-barang IT yang di butuhkan warga kota malang secara khusus dan warga Indonesia secara umum. Juga melayani jasa service laptop dan juga komputer. Melayani masyarakat umum, mahasiswa, kampus, sekolah, UKM, perusahaan dan lain-lain.

iklan


IKLAN

WA

KLIK DISINI UNTUK CHAT WA: