Open top menu
Thursday, May 26, 2016

Hari ini kedatangan Laptop Lenovo G405 AMD E1, dengan kondisi fisik yang masih mulus sekali, namun sayang laptop tidak bisa hidup, alias setengah MATOT. Mengapa saya katakan setengah matot? dikarenakan saat laptop ditekan power ON, kipas nyala tetapi tidak menampakkan tampilan layar disertai bunyi bip. tiiiit tiiit tiiit. Langkah sederhana untuk mendeteksi kerusakan yakni dengan menghubungkan layar extended ke monitor. Jika terlihat gambar berarti  ada masalah dengan layar LCD atau kabel flexible. Dari hasil percobaan, tidak nampak gambar dan bunyi tit masih terjadi. Langkah kedua yakni dengan menganti RAM/memory laptop. click saya copot RAM aslinya, kemudian click saya ganti dengan yang lain, hasilnya bunyi bib masih tetap terjadi dan tetap layar masih blank. Berkali kali coba saya ganti RAM siapa tahu RAMnya tidak cocok, hasilnya juga sama-sama nihil. Laptop kondisi panas, berarti prosesor bekerja sesuai prosedurnya. Akhirnya langkah terkahir kita gunakan, yakni membongkar total tuh laptop. cek sana sini semua tegangan berfungsi normal. Akhirnya teringat kata sesama teman teknisi yakni mencoba dengan mengFLASH BIOSnya. Searching akhirnya ketemu komponen BIOS dengan identitas winbond 25032fvsig. Searching lagi akhirnya ketemu file BIOSnya. Kita download file bios dengan nama file B-G405 AMD LA-9912p.rar.

sudah saya buatkan linknya, silahkan di comot free. http://www.mediafire.com/download/xyl75n89vuta2v5/B-G405_AMD_LA-9912p.rar

Alhamdulillah setelah di flash laptop kembali normal.
Different Themes
Written by Syarikh Komputer

Syarikh Komputer berdiri sejak tahun 2007 di kota Malang, melayani berbagai kebutuhan barang-barang IT yang di butuhkan warga kota malang secara khusus dan warga Indonesia secara umum. Juga melayani jasa service laptop dan juga komputer. Melayani masyarakat umum, mahasiswa, kampus, sekolah, UKM, perusahaan dan lain-lain.

6 comments

iklan


IKLAN

WA

KLIK DISINI UNTUK CHAT WA: