Open top menu
Saturday, May 21, 2016

Jika di sodorkan atau diberi pilihan charger dengan chort kaki tiga atau dua kebanyakan user atau pelanggan akan memilih kaki dua. Penampakan sebagai berikut:


*) Kabel chord kaki dua


dibandingkan dengan chord kaki tiga dengan penampakan sebagai berikut ini:


*) Jack PLN kaki tiga

Mengapa lebih banyak yang memilih chord kaki dua ketimbang chord kaki tiga? ini dikarenakan alasan kepraktisan. Sudah menjadi standard umum di Indonesia, terkait colokan atau konector listrik mengunakan dua lubang, sehingga jika ada kabel power laptop yang ada menggunakan kaki tiga tidak praktis dan efisien. Mengapa? karena perlu konverter agar konektor/jack kaki tiga bisa masuk ke stop kontak standard PLN yakni kaki dua. Apalagi ketika ditambah dengan konverter fisik dari kabel power akan semakin besar. Inilah yang menjadi alasan banyak yang tidak suka menggunakan jack kaki tiga. Penampakan gambar sebagai berikut ini:

*)konverter kaki tiga ke kaki dua

*)jack PLN kaki tiga ketika dipasang ke konverter

*)perbandingan besar antara 2 buah jack

Tahukan Anda ternyata yang lebih bagus itu chord kaki tiga? setidaknya alasanya sebagai berikut:
1. Kaki tiga adalah chord standard eropa/amerika
2. Chord kaki tiga terbuat dari bahan berkualitas baik isi tembaga yang lebih besar ataupun plastik isolator yang lebih baik. Biasanya ditandai dengan tulisan di cetak di kabel bukan di sablon. Penulias belum pernah menjumpai chord kaki tiga dengan kualitas KW. Kalau kaki dua dengan kualitas KW (tembaga dengan jumlah sedikit, kabel mudah putus, plastik yang lebih lentur, kualitas plastik mirip bahan daur ulang, warna hitamnya hitam kelabu)
3. yang terkahir ini yang fantastis, yang tidak dijumpai di jack kaki dua. Yakni terdapat fasa/fuse yang berfungsi untuk mencegah arus pendek yang dimungkinkan terjadi pada laptop atau adaptor laptop Anda. Seingga secara teori chord kaki tida menurut penulis lebih recomended walau di tunjkang ketidak praktisan karena harus menambah konverter dan kondisi fisik yang akan lebih besar.

*) penampakan chord/jack kaki tiga dengan fuse

Semoga tulisan yang secuil ini bermanfaat bagi kita bersama.
Tagged
Different Themes
Written by Syarikh Komputer

Syarikh Komputer berdiri sejak tahun 2007 di kota Malang, melayani berbagai kebutuhan barang-barang IT yang di butuhkan warga kota malang secara khusus dan warga Indonesia secara umum. Juga melayani jasa service laptop dan juga komputer. Melayani masyarakat umum, mahasiswa, kampus, sekolah, UKM, perusahaan dan lain-lain.

iklan


IKLAN

WA

KLIK DISINI UNTUK CHAT WA: