Open top menu
Tuesday, June 28, 2016

           Kedatangan laptop acer E1 410 dengan keluhan tidak bisa charging, walaupun sudah diganti baterai baru. Langkah yang termudah adalah kita mencoba dengan mengganti IC charging. Karena secara umum itulah yang menyebabkan laptop merk apapun tidak bisa charging. Setelah kita berikan komponen IC charging dengan seri BQ737, hasil tidak sesuai harapan. Indikator kerusakan, indikator warna orangwe nyalan/ON tetapi saat dilihat di windows tertulis Plugin Charging, namun di tunggu lama tetap baterai tidak terisi dan berhenti atau stuck di 50% padahal baterai sudah dibelikan baru. Ketika charger dilepas baterai dalam kondisi nancap, indikator di windows masih menunjukkan Plugin Cahrging.

       Langkah yang selanjutnya kita  ganti semua mosfet yang ada, namun hasilnya tetap alias nihil. Cek tegangan pada AC detect 2.5V yang seharusnya dibawah 2.4V. Kemungkinan besar yang rusak terdapat pada resistor pembagi tegangan. Cek pada pada skema, komponen resistor yang dimaksud, secara skema seharusnya 3.68K tetapi saat di cek pake AVO menunjukkan 1.56V. Lalu kita ganti dengan resistor berukuran 300K. SOLVED.

see skema dibawa ini:



schematic acer E1-410 secara lengkap bisa di download di menu schematic.

Tagged
Different Themes
Written by Syarikh Komputer

Syarikh Komputer berdiri sejak tahun 2007 di kota Malang, melayani berbagai kebutuhan barang-barang IT yang di butuhkan warga kota malang secara khusus dan warga Indonesia secara umum. Juga melayani jasa service laptop dan juga komputer. Melayani masyarakat umum, mahasiswa, kampus, sekolah, UKM, perusahaan dan lain-lain.

9 comments

saya punya kasus yang sama tapi belum solved juga mas..

Bang, saya juga punya kasus yang sama. Nyari IC charging controller BQ737 nya dimana ya?

nyari PR4406 gk ketemu bang. letaknya sebelah mana klo di mobo. setengah buta ini mobonya

Mohon maaf jarang lihat blog

saya juga punya masalah yg sama namun pas di charger jalur nya short..apa nya ya?

Solusinya bang
PR4406 letaknya dmn ��

Solusinya bang
PR4406 letaknya dmn 🙏

iklan


IKLAN

WA

KLIK DISINI UNTUK CHAT WA: